Tugas bersama:

1. Kedudukan Psikologi Sekolah dalam Ilmu Psikologi.

Psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengenbangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi. Yang bertujuan untuk membentuk mindset anak.

Kedudukannya dalam ilmu psikologi adalah bagian dari wilayah psikologi terapan.


2. Perbedaan Psikologi Sekolah dan Psikologi Pendidikan.

Psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengenbangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi. Yang bertujuan untuk membentuk mindset anak.
Kedudukannya dalam ilmu psikologi adalah bagian dari wilayah psikologi terapan.

Sedangkan,
Psikologi pendidikan adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sehingga hampir sebagian besar teori-teori dalam psikologi perkembangan dan sosial digunakan di psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan mempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan sebuah pengajaran, cara mengajar dan pengelolaan organisasi sekolah.

Psikologi pendidikan adalah ilmu yang
mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering berfokus pada sub kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat.


3. Fungsi Sekolah sebagai Agen Perubahan.

Sarana sekolah sangat berperan dalam proses perubahan. Walaupun tidak seutuhnya. Karena di dalam ruang lingkup sekolah terdapat pendidik, yang dididik, dan teman. Perubahan ini terjadi seiring dengan berjalannya waktu dan proses ngajar mengajar yang dilakukan. Karena di dalam sekolah kita tidak hanya diberikan pelajaran formal tetapi juga pelajaran non formal. Ini yang mendukung terjadinya perubahan-perubahan. Itu semua merupakan faktor-faktor yang mendukung. Tetapi semuanya dikembalikan kepada individunya masing-masing.


4. Metode yang Dapat Digunakan dalam Sistem Pengajaran di Sekolah.

Metode ceramah yaitu metode yang mana pengajar berperan aktif untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Metode diskusi yaitu saling aktifnya antar yang dididik untuk memecahkan suatu permasalahan dan dibimbing langsung oleh pengajar.

Metode demonstrasi yaitu yang dididik menampilkan atau menjabarkan apa yang mereka ketahui tentang suatu permasalahan. Dan jika ada yang kurang tepat maka akan diperbaiki oleh pembimbing atau pendidik.


5. Permasalahan-permasalahan yang Terjadi di Sekolah dan Solusi Pemecahan Masalah.

Permasalahan-permasalahan ini biasanya muncul disebabkan oleh adanya perasaan ketidak cocokan antara yang satu dengan yang lainnya. Atau bisa juga disebabkan dengan faktor ingin tahu atau ingin lebih unjuk gigi. Misalnya seperti tidak masuk sekolah kabur ke warnet. Solusinya adalah membicarakan hal ini dengan lebih komunikatif dengan anak yang bermasalah. Hingga ditemukan suatu jalan keluar dan penyelesaian masalah. Dan ini semua memiliki konsekuensi sesuai dengan kesepakatan atau peraturan yang berlaku.


6. Fungsi dan Peran Psikolog Sekolah dan Perlunya Psikologi Sekolah.

Fungsi Psikolog sekolah adalah untuk menangani atau membuat metode-metode yang cocok untuk sistem di suatu sekolah.

Psikolog sekolah perlu, karena dengan adanya psikolog sekolah kita dapat lebih mudah menyelesaikan suatu masalah. Bukan hanya untuk menyelesaikan masalah. Tetapi untuk mencegah timbulnya masalah. Atau bisa juga membuat suatu hal atau metode yang berujung pada program positif yang menunjang perkembangan anak dalam bidang persekolahan.


7. Hal-hal yang Diberikan dalam Kaitannya dalam Layanan Psikolog Sekolah.

Konsultasi antara siswa dan psikolog. Dalam hal akademik untuk menunjang pembelajaran. Atau dalam penyelesaian suatu masalah. Pengarahan-pengarahan motivasi untuk menunjang pembelajaran. Memahami keinginan peserta didik untuk mendapatkan suatu hasil yang baik.


8. Perbedaan antara Psikolog Sekolah, Psikolog Pendidikan, dan guru BK.

Psikolog sekolah adalah psikolog yang berkutat dalam bidang psikologi tingkat psikodiagnostik, klinis dan konseling, industri dan organisasi.

Psikolog pendidikan adalah psikolog yang berkutat dalam bidang yang membantu pengajar/proses pembelajaran serta memberi konstribusi untuk menghantar anak-anak meraih masa depan yang baik.

Guru BK adalah guru yang bertugas untuk membimbing dan mengembangkan minat dan bakat peserta didik dalam ruang lingkup pribadi, sosial, belajar, dan karir.