Wednesday, June 6

Hasil Survey Psikologi Pendidikan

Pada mata kuliah Psikologi Pendidikan, kami diberi tugas berupa membuat survey online mengenai psikologi, belajar, pendidikan, dan semacamnya yang nantinya akan dijawab oleh lima puluh responden. Maka saya membuat survey online mengenai pengaruh kondisi individu terhadap daya serap mata pelajaran oleh mahasiswa psikologi USU. Saya membuat tujuh pertanyaan yang berkaitan dengan judul survey. Setelah mengedarkan atau mempromosikan survey saya untuk dijawab oleh teman-teman Psikologi, saya dapat menarik kesimpulan mengenai bagaimana daya serap ini jika dipengaruhi oleh beberapa hal. Berikut adalah presentase atau hasil dari survey yang saya buat.



1. Saya dengan mudahnya menangkap pelajaran atau materi baru

 Yes  24 
 48.00% 
 No  26 
 52.00%




2. Saya tidak memiliki masalah dengan kelas yang ribut
 Yes  13 
 26.00% 
 No  37 
 74.00%


3. Meskipun sedang memiliki masalah, saya tetap bisa berkonsentrasi di kelas
 Yes  20 
 40.00% 
 No  30 
 60.00%


4. Saya tidak nyaman jika duduk di kelas tidak bersampingan dengan teman akrab saya

 Yes  18 
 36.00% 
 No  32 
 64.00%


5. Saya lebih mudah memahami materi jika membacanya sendiri dari pada dijelaskan orang lain

 Yes  20 
 40.00% 
 No  30 
 60.00%


6. Jika saya merasa dosennya tidak menarik, saya tidak ingin memperhatikan ia mengajar
 Yes  28 
 56.00% 
 No  22 
 44.00%


7. Saya cenderung mencatat pelajaran saat dosen mengajar di kelas karena itu membantu saya menyerap pelajaran
 Yes  36 
 72.00% 
 No  14 
 28.00%




Dari Presentase di atas, bisa disimpulkan bahwa daya serap mahasiswa psikologi cenderung lebih bagus jika didukung oleh hal-hal yang membuatnya nyaman. Seperti pada pertanyaan nomor dua, responden cenderung memiliki masalah dengan kelas yang ribut. Lalu pada pertanyaan lima, responden juga cenderung lebih memahami pelajaran jika dijelaskan oleh dosen atau mungkin teman dari pada hanya dibaca sendiri. 

0 Comments:

Post a Comment

 
;